Laman

Home » » Cara Merubah IP Dinamik Menjadi IP Static

Cara Merubah IP Dinamik Menjadi IP Static

IP dinamik seperti halnya koneksi internet yang kita dapat dari modem. Sering kali membuat kita sendiri kerepotan di dalam mengembangkan jati diri kita di jagad maya.    Hal ini akan membuat kita mendapatkan masalah ketika dihadapkan pada suatu situs yang melihat ke IP kita sendiri. Karena ternyata meski pun kita nggak membutuhkan banyak fungsi dari IP static dimana IP ini menjadi ciri khas dari komputer kita. Akan tetapi pada saat genting seperti masuk ke account paypal, download file dari file sharing yang melihat IP dari client atau pun masuk CPanel hosting.
IP dinamik yang kita miliki lama kelamaan akan membuat risih kita di dalam menggunakan. Lalu bagaimana cara mengakali IP dinamik, adakah cara khusus untuk bisa membuat IP dinamik menjadi statik. Inilah cara yang aku tahu agar kamu sedikit bernafas lega meski pun hanya memakai koneksi modem serta bawaan IP dinamik.

Sebenarnya nggak semua pemakai modem memiliki koneksi dengan IP dinamik. Tapi agar kita memiliki IP unik yang nggak di sharing dengan pengguna modem lain serta memiliki koneksi yang dibagi sesuai paket internet kita. Biasanya kita diharuskan membayar lebih untuk IP statik tersebut. Tapi jika koneksi kita sendiri memerlukan biaya yang nggak sedikit. Lalu apa kita masih nekat menggunakan IP statik tersebut. Terlebih lagi yang nggak punya biaya khusus internet dan nggak mengikuti bisnis internet.
Agar IP dinamik berubah menjadi IP static. Berikut cara – cara untuk mengatasinya. Cara ini pun aku berikan untuk menjadi referensi dan ada baiknya digunakan di saat yang genting saja. Karena cara ini memiliki resiko yang lumayan. Apalagi jika yang kamu perhitungkan adalah dollar di paypal atau pun account kamu di hosting. Lalu kenapa masih nekat memberikan tips yang menyesatkan. Aku khan sudah bilang, ini hanya untuk keadaan genting saja dan sebagai referensi. 
  • Pakai saja koneksi di warnet. Karena seperti yang kita tahu, IP warnet memiliki ciri khusus. IP yang mereka punya adalah IP statik. Lain cerita jika mereka menggunakan modem yang bisa memiliki Speed 4Mbps. Tentu saja mereka bisa membaginya ke beberapa komputer client. Tapi adakah kecepatan itu untuk modem? Kalau ada, di Indonesia sendiri sudah adakah? 
  • Menggunakan fasilitas website proxy. Di internet banyak sekali kamu jumpai website proxy. Lalu apa fungsi dari website proxy tersebut. Website proxy bisa memudahkan kita untuk masuk ke website tertentu yang memerlukan IP unik. Namun agar aman, meski pun ini nggak menjamin.    Aku sarankan kamu merubah settingan browser kamu agar nggak mencatat semua aktifitas dari username atau pun password. Di disable saja fungsi dari pencatat history. Meski pun unik, namun sebenarnya IP dari website proxy juga bisa dipakai oleh orang lain. Jadi untuk unik ikutan PCT sepertinya mustahil. Masak ikutan PTC pakai website proxy? 
  • Menggunakan VPN (Virtual Private Network). Sebenarnya ini juga salah satu cara agar IP kamu menjadi static. Tapi untuk penggunaannya sendiri aku masih simpang siur karena belum pernah menggunakannya.    Untuk aman tidaknya, dari beberapa artikel yang sempat aku baca apalagi penjelasan dari wikipedia sendiri. Cara menggunakan IP static dari VPN terbilang aman karena koneksi tersebut susah untuk digunakan oleh orang lain. Karena bersifat private otomatis koneksi kita akan susah disadap. Namun karena keamanan tersebutlah maka nggak jarang untuk menggunakan koneksi via VPN terkadang kita harus mengeluarkan kocek setiap minggu atau bulan untuk terus menggunakannya.
  • Menggunakan koneksi proxy lewat software. Untuk yang pernah menggunakan cara ini pasti tahu. Yaps, kamu bisa menggunakan koneksi proxy lewat aplikasi atau software dari Your Free Dom. Cara ini banyak sekali digunakan oleh mereka yang kesulitan dengan menggunakan IP dinamik. Cara ini pun gratis dengan pemakaian 1 jam online. Setelah kamu menggunakan satu jam tersebut. Maka koneksi harus diputus dan disambungkan kembali agar bisa menggunakannya.
Agar nggak terlalu bingung. Dari ke 4 cara di atas. Yang pernah aku gunakan adalah cara 1, 2 dan 4. Untuk VPN sendiri jujur aku belum pernah. Dari sekian cara yang aku coba, semuanya belum pernah mendapatkan masalah seperti account dicuri atau pun dipakai orang lain. Tapi untuk berjaga – jaga aku sarankan gunakan di saat genting. Untuk paypal jika memang terpaksa kamu menggunakan IP statik. Pilihlah salah satu dari ke 4 cara tersebut. Hal ini dilakukan agar paypal kamu nggak terkena limited akses ketika masuk account kamu. Kenapa bisa limited akses. Alasannya karena berpindah – pindah IP tadi. Bayangkan jika IP dari modem yang termasuk IP dinamik yang berubah – ubah. Paypal akan terus memantau perubahan IP kamu tersebut. Nach di saat melewati penggunaan IP yang selalu berubah tersebut setelah sekian lama. Kamu akan mendapati Paypal kamu limited. Hal ini juga termasuk dengan penggunaan cara di atas. Aku sarankan memilih salah satu agar IP yang kamu gunakan nggak sering berubah. Namun hal ini masih harus disesuaikan dengan cara masing – masing juga. Seperti warnet haruslah di satu tempat saja, website proxy harus alamat yang sama dan juga aplikasi your freedom yang nggak pernah diganti bagian server IPnya. Semoga penjelasanku sedikit dimengerti dan semoga cara ini bisa digunakan di saat yang diperlukan. 
NB: Jika ada saran dan kritik yang sekiranya kurang dari artikel di atas. Silahkan tinggalkan komentar. Dengan senang hati artikel ini akan saya update demi kenyamanan bersama.
Share this article :

4 comments:

  1. Wah terima kasih banyak bos atas masukannya. IP static ternyata bisa digunakan dari ip dinamic. Sayangnya banyak syarat-syarat yah diantaranya harus 1 jam pemakaian... btw, thanks atas bagi2 ilmunya.

    ReplyDelete
  2. hhahahahah

    makasih ni mas ilmunya, langsung ane praktekin, n IP ane ga berubah2 lagi
    T O P B G T deh mas

    ReplyDelete
  3. walaupun di indonesia ip yang kita pake adalah ip dinamic tapi selama masih dalam satu isp tak menjadi masalah,yg bermasalah justru jika kita ganti isp(internet service provider

    ReplyDelete

Mohon Maaf Komentar : Mengandung SARA, Sex, Menghasut/provokasi dan sejenisnya akan kami "Hapus"

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger