SEO atau Search Engine Optimation adalah teknik untuk mengoptimalkan search engine (google) untuk meningkatkan traffic website  kita. Bagaimana caranya ? Ilustrasinya seperti ini, ketika ada  seseorang yang mencari sesuatu hal dengan memasukkan kata kunci (keyword)  di google maka akan keluar link-link/daftar website yang berhubungan  dengan keyword yang sedang dicari. Lalu bagaimana supaya website kita  bisa berada diantara daftar-daftar tersebut ? Berikut langkah-langkah  yang harus dilakukan.
1. Domain Name
Nama  domain harus berhubungan dengan kata-kata yang sering di cari oleh user.  Contohnya seperti ini: Misalkan anda ingin website anda juara pada  keyword "toko online", karena keyword ini sering di cari oleh user, maka  domain anda harus berkaitan dengan keyword tersebut misalkan  tokoonline.net, tokoonline.com dll. Permasalahnya bagaimana kita tau  kalau keyword itu sering dicari user. Mudah karena google menyediakan  tools yang sangat membantu, yaitu dengan menggunakan Google Keyword Tools. Bagaimana cara menggunakan nya ? Untuk pertanyaan ini silahkan baca saja artikel berikut ini http://aprilino.blogspot.com/2011/04/memilih-judul-artikel-dengan-google.html
2. Meta Keyword
Meta Keyword berisi tentang kata-kata atau keyword yang sering dicari oleh user dan sebisa mungkin berhubungan dengan CONTENT pada halaman website anda. Untuk mengisi/mengedit Meta Keyword anda diharuskan mengerti sedikit tentang pemrograman HTML. Meta Keyword letaknya diantara tag HEAD. 
Contoh : <meta name="keywords" content="toko online" />
Meta Keyword pada tiap halaman boleh berbeda-beda. Disesuaikan dengan ulasan/bahasan pada halaman yang bersangkutan.
3. Meta Description
Meta  Description adalah secuil kalimat yang menjelaskan sebagian isi dari  halaman website anda. Di dalam Meta Description diharuskan terdapat  beberapa kata-kata yang terdapat dalam Meta Keyword. Jangan terlalu  ekstrim menaruh keyword di dalam Meta Description, karena google akan  mem-blacklist website anda. Sama seperti Meta Keyword, Meta Description  berada diantara tag HEAD dan isinya disesuaikan dengan ulasan/bahasan  pada halaman yang bersangkutan.
Contoh: <meta name="title" content="Andapun bisa punya Toko Online !!" />
4. Title
Title  atau judul dari website anda ini sebisa mungkin juga mengandung  kata-kata yang sering dicari user. Title juga akan sangat berpengaruh  terhadap SEO anda. Contoh: "Andapun bisa punya Toko Online !!"
5. SEF
SEF atau Search Engine Friendly  maksudnya adalah url anda harus berbahasa manusia. Apa maksudnya ?  Terkadang kita pernah menjumpai website yang urlnya mengandung kode-kode  yang membingungkan. Misalkan:  http://www.tokoonline.net/product?id=13&cat=30 Apa yang dapat anda  ambil dari url tadi ? Sangat membingungkan bukan ? Bandingkan dengan url  berikut ini: http://www.tokoonline.net/product/boneka-kelinci-pink Apa  yang dapat anda ambil dari url tadi ? Tentunya sangat mudah. Url tadi  berisi tentang product boneka kelinci berwarna pink. Seperti itulah  seharusnya url pada website anda.
6. Content Mengandung Format H1 / Bold / Underline / Italic
Untuk  apa sih menggunakan format-format tersebut ? Google akan menganggap  format-format tersebut sebagai kata-kata penting. Oleh karena itu  berilah format H1 / Bold / Underline / Italic pada content anda.  Usahakan yang diberi format adalah kata-kata yang mengandung keyword.  Tapi anda dilarang menaruh keyword-keyword serara berlebihan di dalam  content karena akan di blacklist oleh google.
7. Backlink
Yang  dimaksud backlink disini adalah link dari website lain yang mengarah ke  website kita. Backlink akan sangat mendukung website kita juara di  google. Karena google mengira kalau website kita dianggap penting oleh  website yang lain.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
 





 
 
 

TERIMA KASIH ATAS INFONYA
ReplyDelete