Laman

Lazada Indonesia
Home » » Dunia Dukung Deklarasi Bandung

Dunia Dukung Deklarasi Bandung

Kabar Palembang - JAKARTA , Indonesia akan menjadi tuan rumah gerakan kampanye lingkungan yang melibatkan 180 negara.Kampanye ini juga mendapat dukungan dari figur publik dunia seperti petenis Maria Sharapova dan pesepak bola Samuel Eto’o.


Kampanye lingkungan bertajuk Tunza International Children and Youth Conference on the Environment 2011 ini diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup bersama United Nations Environmental Programme (UNEP) dan digelar di Bandung, Jawa Barat. Konferensi Tunza merupakan pertemuan internasional yang diikuti anak-anak usia 10-14 tahun dan pemuda usia 15-25 tahun.

“Acara ini rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan akan diikuti 1.500 peserta dari 180 negara,” ungkap Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dalam jumpa pers di Kantor KLH kemarin.

Gusti menjelaskan, konferensi hanya melibatkan anakanak dan pemuda sebab generasi muda dipandang sebagai kunci bagi terwujudnya pembangunan berkelanjutan di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia, khususnya dalam pembangunan di bidang lingkungan.“ Mereka akan menjadi pemimpin dunia yang akan memperjuangkan keberlanjutan bumi,”ujarnya.

Konferensi ini,lanjut Gusti, kelak akan menjadi salah satu strategi diplomasi lingkungan hidup khususnya dalam mempersiapkan generasi muda untuk memimpin dunia di bidang lingkungan hidup. Hasil Konferensi Tunza selanjutnya akan dirumuskan sebagai Deklarasi Bandung. Selain Sharapova dan Eto’o, bintang film Jackie Chan dan aktivis lingkungan dari Prancis Yann Arthur Bertrand juga direncanakan hadir.

“Mereka datang sebagai duta lingkungan hidup,”kata Gusti. Pada kesempatan sama, Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup Darmin Rosita mengatakan, konferensi lingkungan khusus anak-anak dan pemuda ini merupakan salah satu strategi untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya memelihara lingkungan.

“ Menanamkan kebiasaan terhadap anak-anak lebih mudah ketimbang orang yang sudah dewasa,”kata Darmin. Menurut dia, kegiatan prolingkungan ini tidak hanya dilakukan sebuah konferensi, tapi sudah mulai diterapkan dalam sebuah kurikulum di sejumlah sekolah.

Acara ini merupakan salah satu gerakan moral untuk keberlangsungan hidup manusia. Darmin menambahkan,hasil konferensi yang diwujudkan dalam Deklarasi Bandung akan menjadi masukan United Nations Conference on Sustainable Development Rio+20.

“Program Tunza bertujuan untuk menyediakan informasi dan instrumen bagi generasi muda tentang bagaimana treat mother earth with care and how to act for a better world,”imbuhnya. Konferensi Tunza akan berlangsung pada 27 September hingga 1 Oktober 2011 di Bandung. Acara ini akan dibuka Wakil Presiden Boediono.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Maaf Komentar : Mengandung SARA, Sex, Menghasut/provokasi dan sejenisnya akan kami "Hapus"

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger