Laman

Lazada Indonesia
Home » , , , » Daftar Pemilih Tetap (DPT) wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA)

Daftar Pemilih Tetap (DPT) wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA)

Kabar Palembang - Daftar Pemilih Tetap (DPT) wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) dipastikan akan bertambah sebanyak 9.788 DPT. Hal ini dipastikan setelah hasil rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muba, Rabu (24/4/2013).

Dalam rapat tersebut dihasilkan keputusan bahwa untuk DPT Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2013 sebanyak 452.446 atau meningkat sebanyak 9.788 dari pilkada 2011 yang hanya berjumlah 442.658.

" Dengan rincian sebanyak 230.922 orang laki-laki dan 221.524 orang perempuan," ujar H Sutoyo SIp SE, selaku Ketua KPUD Kabupaten Muba saat diwawancarai Tribun Sumsel usai menggelar rapat pleno.

Peningkatan jumlah DPT juga dibarengi dengan peningkatan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hasil pleno tercatat ada 1468 TPS meningkat sebanyak 88 TPS dari sebelumnya 1380 TPS.

Sutoyo menjelaskan, setelah mendapatkan data mutakhir untuk DPT pilgub maka selanjutnya KPU Muba akan melaporkan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk kembali diplenokan pada Kamis (25/1).

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa mereka yang tidak masuk ke DPT juga masih bisa menyalurkan hak suaranya dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke TPS yang sesuai dengan alamat tempat tinggal.

" Totoal jumlah penduduk di Muba sebanyak 677.294 jiwa sehingga ada kemungkinan yang tidak termasuk ke DPT," ujarnya.

" Mereka yang memilih menggunakan KK dan KTP akan dicatat dalam blanko khusus yang disiapkan ditiap TPS sehingga tidak akan menyebabkan kecurangan," tambahnya.

Dalam rapat pleno terbuka ini, rapat berjalan lancar tanpa ada protes berlebihan dari peserta rapat.

Jelas Sutoyo, selama pemutakhiran DPT tercatat sebanyak 45789 suara dipangkas oleh KPU karena pemilihnya telah tidak ada lagi baik meninggal, pindah rumah, juga yang terdata ganda.

" Awalnya pada DP 4 tercatat ada 498.234 setelah diverifikasi faktual yang benar-benar menjadi mata pilih sebanyak 452.446 mata pilih," ungkapnya.

Penulis : Beni
Editor : prawiramaulana

Sumber: Tribunsumsel.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger